Lemon, si Asem yang Bisa Bikin Merem, lalu Kesengsem

Lemon-Lemon

Siapa yang tidak tahu dengan buah lemon, salah satu jenis jeruk ini memiliki bentuk yang cukup khas, lonjong, berwarna kuning segar, dan ada pentulnya yang muncul, hehehe. Namun selain bentuknya yang kayak kepala benjol, yang kayaknya bisa dijadiin gasing juga, buah lemon begitu banyak manfaatnya. Baik untuk kesehatan hingga campuran bahan makanan, seperti jus, limun, dan lain-lain.

Buah Lemon
Buah Lemon

Kandungan dalam jeruk lemon pun begitu banyak, bukan hanya vitamin C, tapi juga vitamin lainnya, seperti vitamin A dan B. Dan kalau kita baca di artikel-artikel yang ada di dunia maya hebat ya si maya punya dunia sendiri 😀, bukan hanya vitamin yang terkandung di dalam sebuah lemon, tetapi ada juga mineral, zat besi, kalsium, magnesium, dan kawan-kawannya. Lebih detil bisa Anda-Anda cari sendiri ya infonya :). Ini gue kasih salah satu contoh artikelnya deh.

Tapi memang kalau diperhatiin, kayaknya untuk menemukan dan mendapatkan lemon gak semudah kita ngeliat buah jeruk yang biasa untuk dessert atau bahkan keluarga dekatnya, yaitu jeruk nipis. Gue juga tidak begitu tahu, apakah karena memang susah didapat di Indonesia, atau karena harganya mahal, atau hal-hal lainnya. Gue gak akan membahas dan mencari tau hal itu di sini, hehehe.

Tapi sekedar sharing, kalau gue justru punya teman yang memiliki kebun lemon, bahkan hingga 4 hektar, yang berlokasi di Karanganyar – Jawa Tengah, Solo sonoan dikit, hehehe. Tapi sayang pas musim kemarau 2015 lalu, panas yang berkepanjangan membuat kebun lemon tersisa 2 tinggal 2 hektar saja, karena butuh perawatan ekstra dengan mensuplai air, dan untuk membeli air untuk memenuhi kebutuhan kebun 4 hektar tentu saja gak murah. Akhirnya teroaksa dikorbankan sebanyak 2 hektar, 50%-nya.

Lemon Gaul
Lemon Gaul

Alhamdulillah, kini musim cukup bersahabat, dan bisnis temen gue itu bisa jalan lebih baik sekarang, karena memang temen gue itu bisnis air perasan lemon yang sudah dikemas dengan baik. Dan sekarang banyak banget yang berjualan sari lemon di toko-toko online, kayak salah 2 di bawah ini 😀 :

https://www.tokopedia.com/andisell/aqiilah-fresh-sari-lemon-murni
https://www.bukalapak.com/p/food/minuman/lh3nf-jual-aqiilah-fresh-sari-lemon-murni

Sari Lemon Kemasan
Sari Lemon Kemasan
Sari Lemon Kemasan
Sari Lemon Kemasan

Manfaat Sari Lemon Murni:
– Untuk stamina sehari-hari dan menjaga daya tahan tubuh.
– Dapat juga dimanfaatkan sebagai pengobatan luar.
– Untuk masker wajah/kulit.
– Untuk masker rambut.
– Untuk diet (diseduh dengan air panas).
– Untuk mengobati maag.
– Baik untuk sistem pencernaan.
– Memutihkan gigi (dicampur dengan baking soda / soda kue)

Melihat list manfaat di atas, udah bisa kita simpulkan kalau manfaat lemon itu berguna di hampir atau malah di seluruh tubuh kita, baik dari dalam maupun luar tubuh. Mungkin bisa sekalian diguyur atau mandi atau berendam air lemon sekalian yaa, hahaha. Karena memang untuk lulur tubuh berbahan dasar lemon pun sudah ada. Siapa tahu juga nanti bisa menyaingi kulit manggis, ada ekstraknya, atau jangan-jangan sekarang udah ada? 😀

Seduhan Sari Lemon
Seduhan Sari Lemon

Sebenarnya masih banyak banget manfaatnya, gue sendiri konsumsi, tinggal beli yang udah di kemasan, gak perlu repot peras lagi. Berasa banget manfaatnya, apalagi buat diet, hehehe. Nah, kalau urusan diet pasti banyak yang tertarik nih, apalagi kaum hawa halah alias para wanita. Caranya pun sangat mudah, cukup diseduh dengan air panas, bagus diminum saat perut kosong, di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Bisa juga ditambah madu bila takut rasanya terlalu asam, pasti udah banyak tahu juga manfaat madu yang bisa dimanfaatkan untuk berdiet. Jadi bisa Anda bayangkan dua elemen ini menyatu lebai.com untuk membantu kakak-kakak sekaligus menurunkan berat badan, tubuh jadi langsing dan singset 😀 udah kayak iklan dah. Bila ingin menggunakan gula, gunakanlah gula merah atau gula batu, usahakan hindari atau minimalkan penggunaan gula pasir, apalagi kalau pasirnya doang :P.

Jika merasa repot karena sudah membayangkan gula merah dan gula batu yang bentuknya segede bogem (tinju), jangan sedih, kakak…, sekarang sudah cukup banyak yang jual, terutama di supermarket, udah pasti jual, seperti gula merah bubuk atau gula batu cair.

Gitu aja sharing gue tentang lemon, semoga bermanfaat yak! ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s