Serba Online – Bayar Denda Tilang Warna Biru

Seperti biasa, tiap pagi gue nonton program Pagi Pagi di Net TV, sangat menghibur, sangat cocok menemani waktu sarapan, tontonan ringan, lucu, dan informatif, semua segmen asik, kecuali satu yang gue kurang suka, pas segmen “surprise”, maklum kurang suka yang drama2 realitas sentimentil gitu, hehehe.

Balik ke topik sesuai judul, pagi ini gue dapat informasi mengenai pembayaran denda tilang dan perpanjang SIM secara online dan aplikasi smartphone untuk perpanjang SIM, ini sangat menarik dan tentu saja membantu juga bermanfaat. Kalau yang bayar tilang dan perpanjang SIM online, itu udah lama kali ya, maklum, Alhamdulillah beberapa tahun belakangan gak pernah kena tilang, bukannya gak pernah sih, manusia kan tempatnya khilaf, dan faktor apes juga, hahahaha, yang pasti kite kan berusaha taat aturan, hehehe.

Pembayaran denda tilang secara online, gue yakin sangatlah membantu, tapi kayaknya belum merata di seluruh Indonesia ya, katanya masih proses, baguslah. Ini sangat membantu sekali, karena orang2 juga punya kesibukan masing2, bukan hal yang mudah untuk meninggalkan kegiatan atau kerjaan untuk menghadiri sidang. Namun dengan sistem online ini bukan berarti gak ada sidang, yang gue tau sidang tetap dilaksanakan, entah sidangnya bener2 sidang atau gimana, tapi yang pasti tetap sesuai jadwal sidang yang ditentukan saat misalnya kita pas kena tilang, lalu hakim memutuskan nilai denda tilang kita.

Surat Tilang Merah dan Biru
Sumber: http://www.kumpulanmisteri.com/2015/07/ini-dia-perbedaan-surat-tilang-biru-dan.html

Makanya kalau dari info yang gue dapet, kita baru bisa melakukan pembayaran tilang secara online, sehari setelah jadwal sidang kita, itu berarti hakim sudah memutuskan dan mengeluarkan nilai denda kita berapa, setelah baru baru deh kita bayar ke bank BRI, yang memang udah kerjasama untuk memfasilitasi ini. Entah dengan bank2 lain, tapi dengan adanya fasilitas Bank Bersama, gak ada masalah lagi mestinya ya mau bayar via ATM apa pun, asal memang Bank itu dah termasuk di ATM Bersama.

*Catatan:
Surat tilang ada 2 jenis, berwarna merah dan biru.
Merah : Untuk pembayaran dengan mengikuti sidang terlebih dahulu.
Biru    : Untuk pembayaran di bank BRI, tanpa mengikuti sidang, secara online.

Itu aja tulisan gue soal bayar denda tilang secara online, karena ikut seneng aja 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s